• Photo Title 1
  • Photo Title 2
  • Photo Title 3
  • Photo Title 4
  • Photo Title 5
Departemen Teknik Fisika
Wednesday, 09 May 2018 05:18

Menyiapkan Engineer Yang Siap Bekerja di Bidang Multidisipliner

Disiplin ilmu teknik fisika merupakan pendidikan keteknikan yang memadukan konsep-konsep keteknikan atau rekayasa (engineering) dengan penguasaan ilmu Fisika dan Matematika yang kuat untuk menghasilkan aplikasi kreatif dan inovatif. Peserta didik di Departemen Teknik Fisika ITS dibekali dengan kemampuan riset dan pengembangan, perancangan dan analisa untuk berbagai sistem fisis di Industri. Lulusan Teknik Fisika ITS akan mampu menganalisis permasalahan teknik berbasis ilmu Teknik Fisika (Instrumentasi, Energi dan Pengkondisian Lingkungan, Material, Vibrasi dan Akustik, dan Fotonika) dan mampu berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan di industri.

Metode pengajaran di departemen ini menggunakan pendekatan lab based education (LBE) untuk menyeimbangkan pengetahuan teoritis dan penerapan ilmu teknik fisika dalam permasalahan yang nyata didukung oleh delapan laboraturium dengan keterlibatan tinggi dari mahasiswa. Iklim akademik yang baik telah membawa Departemen Teknik Fisika ke dalam berbagai kerjasama, misalnya penelitian instrumentasi industri di PT Kertas Leces, PT Badak, PT Pupuk Kaltim, PT. Semen Tuban, PT Petrokimia Gresik. Selain pelatihan instrumentasi kedokteran dengan RSU Dr. Sutomo, ATEM, BPFK dan kuliah tamu serta kunjungan secara berkala ke beberapa industri.

Ruang lingkup Teknik Fisika yang luas membuat mahasiswa Teknik Fisika ITS mampu bergabung dengan mahasiswa lain dalam berbagai bidang. Misalnya mahasiswa Teknik fisika yang mampu menjadi tim baik di bidang pertambangan, otomotof hingga energi. Misalnya dalam Tim Sapu  Angin Speed (SAS) V yang siap berlaga di Jepang, Tim Student Petroleum Engineer (SPE) ITS yang memenangkan kompetisi di India dan berbagai kompetisi lain.

Alumni Teknik Fisika ITS telah tersebar dalam seluruh bidang baik instansi pemerintah dan swasta seperti: Departemen Pertambangan, Dalam Negeri, Pendidikan Nasional, BPPT, LIPI, PT. PAL, BBI, Caltex, Arco, Unilever, PT Badak, PT Telkom, PT Pupuk Kaltim, Maspion, Pertamina dan lainnya.

 

Program Studi

Program Studi Sarjana (S1) Teknik Fisika Reguler

Program ini merupakan program pendidikan strata 1 (S1) dengan Akreditasi A bagi lulusan sekolah menengah atas (SMA/SMU) atau yang sederajat. Daya tampung program Strata 1 (S1) reguler adalah sekitar 120 orang mahasiswa. Mahasiswa pada Program S1 Reguler diwajibkan menyelesaikan perkuliahan minimal sebanyak 144 sks (satuan kredit semester) yang dijadwalkan dalam 8 semester (1 semester terdiri atas 16 minggu perkuliahan dan evaluasi). Lulusan dari program ini akan memperoleh gelar Sarjana Teknik (ST).

Program Studi Sarjana (S1) Teknik Fisika Lintas Jalur

Program ini diperuntukkan bagi lulusan Program D-III yang akan melanjutkan studinya pada strata S1 (Sarjana). Mahasiswa yang diterima dalam program ini berasal dari lulusan Program Diploma III (D-III) Teknik Instrumentasi, Metrologi, Teknik Biomedik, Poltek Elektronika, Instrumentasi Elektronika dan Teknik Elektro Medis (ATEM) dengan kapasitas sekitar 40 orang. Mahasiswa pada Program S1 Lintas Jalur memiliki beban studi sebesar 70 sks yang dijadwalkan dalam 4 semester.

Program Studi Magister (S2)

Program Studi S2 Teknik Fisika ITS dilaksanakan dalam waktu 4 semester (2 tahun), dengan batas maksimum masa studi adalah 4 tahun. Program Studi Teknik Fisika memiliki 2 bidang minat yang dapat dipilih mahasiswa sesuai bakat dan kemampuannya, yaitu Rekayasa Instrumentasi Industri dan Rekayasa Energi Terbarukan. Proses perkuliahan dan penelitian dalam Program Studi S2 ini didukung oleh Laboratorium, Workshop dan Bengkel.

Program Studi Doktoral (S3)

Program Studi Doktor (S3) Teknik Fisika ITS diselenggarakan dengan lama pendidikan 6 sampai 8 semester, dengan beban studi sebesar 72 sks. Program ini juga menerima calon mahasiswa yang berasal dari program studi magister yang tidak sebidang dan diwajibkan untuk menempuh terlebih dahulu sejumlah mata kuliah matrikulasi (yang ditetapkan oleh komite disertasi program S3 Teknik Fisika) guna menyamakan tingkat pemahaman dan penguasaan kandidat akan bidang keilmuan Teknik Fisika terkait dengan tema disertasinya.

Riset

Departemen Teknik Fisika ITS melakukan penelitian di berbagai bidang, yang secara umum dikelompokkan kedalam bidang minat berikut:

  • Bidang minat Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol : PLC, instrumentasi industri, kontrol automatik, instrumetasi kedokteran, serta kalibrasi dan pengukuran.
  • Bidang minat Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan : pengadaan pembangkit energi, konversi energi dan konservasi energi, serta manajemen energi.
  • Bidang minat Rekayasa Bahan : simulasi/komputasi divais elektronik, semikonduktor, korosi.
  • Bidang minat Vibrasi dan Akustik : getaran, kebisingan, pencahayaan bangunan.
  • Bidang minat Rekayasa Fotonika : Sensor serat optik, fotonika biomedis, laser.

Kolaborasi

Departemen Teknik Fisika memiliki kolaborasi dengan perusahaan baik BUMN maupun swasta. Dintaranya adalah BUMN seperti PT. Pembangkit Jawa-Bali, PT Pertamina (PERSERO) dan PT Petrokimia Gresik. Selain dengan perusahaan, kolaborasi dengan Universitas diantaranya NCTU Taiwan dan berbagai universitas lainnya.

 

Info Update

Pilih Bahasa

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Event Calendar

November 2018
S M T W T F S
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 1