• Photo Title 1
  • Photo Title 2
  • Photo Title 3
  • Photo Title 4
  • Photo Title 5
Departemen Teknik Industri
Wednesday, 09 May 2018 05:29

Barometer Dunia Teknik Industri di Indonesia

Teknik industri merupakan gabungan ilmu keteknikan dan ilmu sosial atau manajemen. Di departemen ini, mahasiswa ITS akan mempelajari cara merancang, mengelola, dan menerapkan semua elemen industri, seperti manusia, mesin, metode, material, dan lingkungan menjadi sistem yang berkaitan dengan fungsi pabrik. Fokus Teknik industri adalah pada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan dan energi.

Program Studi Teknik Industri ITS berdiri tahun 1985, sebelum berubah menjadi Departemen Teknik Industri pada tahun 1996. Di tingkat nasional, Departemen Teknik Industri ITS telah berhasil memperoleh akreditasi A dari BAN-PT. Sedang secara internasional, Departemen Teknik Industri ITS juga telah mendapat akreditasi dari AUN QA di tingkat ASEAN dan ABET (Accredited Board of Engineering and Technology) dari Amerika Serikat. Teknik Industri ITS menjadi salah satu jurusan teknik industri terbaik di Indonesia. Lebih dari 30 staf pengajar dengan berbagai bidang keahlian seperti ergonomi, sistem manufaktur, sustainable manufacture, optimasi, simulasi, data mining, logistik, supply chain, manajemen kualitas dan pengukuran kinerja menjadikan Departemen Teknik Industri FTI-ITS sebagai barometer utama teknik industri di Indonesia.

Iklim internasional sangat terasa di TI ITS. Hal ini karena Departemen Teknik Industri membuka program sarjana (S1) internasional dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Beberapa peserta kuliah baik sarjana dan pasca sarjana berasal dari berbagai negara seperti Irak, Zimbabwe, Papua Nugini, Thailand dan Myanmar. Hal ini membuat mahasiswa Departemen Teknik Industri ITS terlibat dalam berbagai pengalaman global dan menjadi motor kegiatan internasionalisasi di ITS.

Jumlah alumni Teknik Industri ITS telah mencapai lebih dari 1000 orang yang tersebar diberbagai sektor industri nasional maupun Internasional. Lulusan teknik industri bisa mengambil peran beberapa fungsi di industri seperti divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, bahkan divisi HRD. Salah satu alumni Departemen Teknik Industri, Fajar Hutomo, ST. MMT kini telah menjadi ketua Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) yang menjadi mesin utama perkembangan industri kreatif di Indonesia.

 

Program Studi

Program Studi Sarjana (S1)

Program ini dapat diselesaikan dalam 144 SKS (Satuan Kredit Semester). Satu SKS setara dengan 50 menit menghadiri kuliah, 50 menit dari tugas dipandu, 50 menit belajar mandiri, termasuk beberapa proyek kelas dan ujian juga. Selain metode pembelajaran konvensional, kurikulum program ini juga akan mencakup kunjungan industri, magang, dan tugas akhir pada semester terakhir masa studi. Program ini bertujuan untuk mengembangkan mahasiswa untuk memiliki kemampuan mendesain, menginstal, memperbaiki, dan mengintegrasikan sistem industri, serta kemampuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas dalam sistem industri.

Program Studi Magister (S2)

Program magister Teknik Industri ITS bertujuan untuk melengkapi mahasiswa dengan pengetahuan dan ketrampilan yang lebih mendalam yang berhubungan dengan kemampuan dalam hal perancangan, instalasi dan perbaikan sistem industri yang kompleks. Kami menawarkan 5 konsentrasi dalam program master, yaitu: Logistics and Supply Chain Management (LSCM) , Quality and Manufacturing Management (QMM) , Industrial Systems Optimization (ISO) , Industrial Ergonomic and Safety (IES) dan Strategic Performance Management (SPM).

Program Studi Doktoral (S3)

Program Doktor Teknik Industri ITS dirancang untuk mahasiswa yang berminat melakukan penelitian berkualitas tinggi yang menghasilkan kontribusi yang signifikan untuk bidang Teknik Industri. Salah satu syarat untuk lulus dari program doktor adalah mahasiswa harus mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal internasional terkemuka. Saat ini kami menawarkan tiga bidang utama dalam bidang Teknik industri yaitu Logistik dan Teknik Supply Chain (LSCE) , Kualitas dan Sistem Manufaktur (SMM) dan Industrial Systems Optimization (ISO).

Riset

Bidang penelitian di Departemen Teknik Industri meliputi bidang keahlian seperti ergonomi, sistem manufaktur, sustainable manufacture, optimasi , simulasi, data mining, logistik, supply chain, manajemen kualitas dan pengukuran kinerja. Sarana pendukung berupa lboratorium juga disediakan oleh Departemen Teknik Industri , yang terdiri dari :

  • Laboratorium Sistem Manufaktur : mempunyai kompetensi dalam bidang Computer Integrated Manufacturing (CIM), Manufaktur yang berkelanjutan, Perencanaan sistem manufaktur, Manajemen Teknologi, dan Kualitas.
  • Laboratorium Ergonomi dan Desain Sistem Kerja : mempunyai kompetensi dalam bidang ergonomi , Keamanan dan Kesehatan Pekerjaan , Perencanaan Fasilitas dan Desain Area Kerja, Prosedur dan Teknik Pengukuran , Desain dan Pengembangan Produk.
  • Laboratorium Pengembangan Sistem dan Manajemen Industri : mempunyai kompetensi dalam bidang Strategi dan operasional manajemen, Kewirausahaan dan Corporate Social Responsibility , Ekonomi dan Keuangan.
  • Laboratorium Pemodelan Kuantitatif dan Analisa Industri : mempunyai kompetensi dalam bidang optimasi, simulasi dan statistik.
  • Laboratorium Manajemen Logistik dan Rantai Pasok : mempunyai kompetensi untuk menyediakan alur kerja dari hulu hingga hilir yang efektif dan efisien.

Kolaborasi

Departemen Teknik Industri ITS melakukan kolaborasi dengan berbagai kegiatan seperti kuliah tamu, Kunjungan Industri, pertukaran tenaga pendidikan dan mahasiswa, kelas internasional untuk program studi sarjana dan magister, program joint degree, Seminar nasional / internasional. Program kolaborasi ini akan terus ditingkatkan untuk mendukung visi Departemen Teknik Industri untuk menjadi institusi pendidikan tinggi teknik industri yang memiliki reputasi internasional. Beberapa institusi yang telah melakukan kolaborasi dengan Departemen Teknik Industri antara lain Hiroshima University Jepang, Mahidol University Thailand, Monash University Malaysia, International Labour Organizer (ILO), Sura Naree University of Thailand, Monash University Australia, Nevada University Las Vegas – USA, Thammasat University Thailand, Utem Malaysia, Dankook Korea Selatan, Saxion University Netherland, Chulalongkom University Thailand, Badan Akreditasi Nasional, ASEAN University Network, Accreditation Board of Engineering & Technology, NTUST Taiwan., Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Summarecon Agung Indonesia, PT Amerta Indah Otsuka, PT Indofood CBP Sukses Makmur.

 

Info Update

Pilih Bahasa

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Event Calendar

October 2018
S M T W T F S
30 1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31 1 2 3