• Photo Title 1
  • Photo Title 2
  • Photo Title 3
  • Photo Title 4
  • Photo Title 5
Departemen Teknik Material
Rabu, 09 Mei 2018 05:44

Inkubator Teknologi Material Berskala Global

Material dan metalurgi merupakan bidang ilmu paling multidisipliner dan dinamis di bidang teknik. Engineer di bidang material menggali ilmu dan pemahaman tentang hubungan fundamental antara struktur, proses dan performa material untuk membuat material sintesis dan mengembangkan material baru. Secara umum, engineer material mempelajari karakteristik, prinsip dan proses pembuatan material. Engineer Departemen Teknik Material ITS juga akan mempelajari proses ekstraksi dan pemurnian material dan mineral yang memanfaatan sumber daya alam (SDA) yang melimpah di Indonesia. Karena lingkup keilmuannya yang dinamis, materi yang dipelajari pada departemen ini juga semakin berkembang. Seperti keilmuan mengenai polimer, komposit, keramik dan material elektronik lain yang terus dikembangkan.

Di bawah pengawasan engineer dan ilmuan terbaik dalam negeri, Departemen Teknik ITS terus mengembangkan diri untuk menjadi pusat pendidikan dengan kompetensi global di bidang teknologi dan rekayasa material. Mahasiswa di departemen ini tidak hanya akan mempelajari aspek sains dan teori di bidang material dan metalurgi namun juga dibiasakan dengan kondisi dan permasalahan di dunia nyata. Hal ini diwujudkan dengan konsep pengajaran lab based education (LBE) yang didukung tujuh laboratorium. Keunggulan ini membuat Departemen Teknik Material ITS telah dipercaya dengan berbagai kerjasama dengan sejumlah universitas regional dan internasional. Departemen juga aktif dalam kegiatan riset pada tingkat regional, nasional, dan internasional, salah satunya melalui keikutsertaan mobil Antasena pada Kompetisi SHELL ECO di Malaysia pada 2012 lalu. Dengan prestasi tersebut, Badan Akreditasi Nasional (BAN) DTM telah memberikan akreditasi tertinggi “A” kepada Departemen Teknik Material ITS.

Iklim akademik yang kondusif ini memotivasi mahasiswa agar mampu bersaing dan berprestasi dalam berbagai bidang dalam skala nasional maupun global. Misalnya sekelompok mahasiswa material yang berhasil menggondol pulang juara dalam senjata keris. Maupun karya mahasiswa material, SAS V yang melalangbuana hingga di Negeri Sakura dan Negeri Paman Sam.

Saat ini engineer di bidang material dan metalurgi banyak dibutuhkan untuk perkembangan ilmu pengetahuan, pembangunan dan industri. Lulusan memiliki kompetensi di bidang pengambilan keputusan yang tepat berbasis pada analisa informasi dan data di bidang ilmu teknik material dan metalurgi yang mencakup aspek energi, kelautan dan lingkungan untuk mengurangi dampak penerapan teknologi terhadap masalah lingkungan dan kehidupan sosial manusia. Prospek karier Departemen Teknik Material dan Metalurgi tak kalah menjanjikan. Lulusan Teknik Material dan Metalurgi ITS dapat bekerja di industri pertambangan, industri ekstraksi dan peleburan logam, manufaktur, minyak dan gas, hingga lembaga penelitian, akademisi dan pemerintahan.

Program Studi

Program Studi Sarjana (S1)

Program sarjana Departemen Teknik Material bertujuan mencetak lulusan yang handal di bidang teknik material dan metalurgi yang mempunyai kemampuan manajerial dan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi ketika di dunia kerja baik di industry atau di bidang penelitian. Program ini selama delapan semester yang kemudian di akhiri dengan penelitian dan pelaporan dalam bentuk tugas akhir. Temukan info selengkapnya mengenai program studi ini disini.

Program Studi Magister (S2)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menyiapkan sumber daya manusia yang tinggi di bidang ilmu Teknik Material dan Metalurgi. Lulusan magister Departemen Teknik Material dan Metalurgi diarahkan pada penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang rekayasa dan teknologi material dan metalurgi lanjut yang berwawasan lingkungan dengan reputasi internasional. Program ini diselenggarakan didukung oleh pengajar dengan kualifikasi Profesor dan Doktor.

Riset

Riset di Departemen Teknik Material merupakan salah satu yang paling produktif di ITS. Riset di Departemen Teknik Material didukung dengan Laboraturium Pengolahan Mineral dan Material, Lab. Kimia Material, Lab. Korosi dan Kegagalan Material, Lab. Manufaktur, Lab. Metalurgi, Lab. Inovasi Material, Lab. Pemodelan Material dan Komputasi serta Lab. Fisika Material.

Kolaborasi

Beberapa universitas dan lembaga penelitian yang ada di Indonesia merupakan mitra kami. Kerjasama ini sebagian besar dibidang penelitian dan publikasi bersama. Dibidang akademik, kerjasama dengan JTMM sdh terwujud dengan program double degree pasca sarjana DTM dengan beberapa universitas di luar negeri. Selain dengan perguruan tinggi mitra dan lembaga penelitian, kami juga menjalin kerjasama dengan industri yang terkait dengan bidang kompetensi dari jurusan. Kerjasama bisa berupa penelitian, jasa industri dan beasiswa. Beberapa mitra kerja JTMM yang berasal dari Industri diantaranya adalah BATAN, LIPI, PLN dan PT Timur Megah Steel dalam bidang beasiswa.

 

Sekilas Info

Pilih Bahasa

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Kalender

November 2018
S M T W T F S
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 1